Negeri di Atas Awan



Menurut ilmu psikologi, kebahagian travelling sudah bisa didapat saat kita merencanakannya. Meski begitu, gue sebenarnya lebih suka kalo traveling itu engga direncanain dari jauh-jauh hari. Mengapa? karena biasanya, nanti rencana tersebut hanya berakhir menjadi ketidakjadian. Udah dapet kebahagiaan pas ngerencanain segalanya, kemudian tiba-tiba rencana itu batal, kan jadi sakitnya tuh di sini…

Banyak faktor yang mendukung rencana travelling terealisasi. Diantaranya teman, uang, dan waktu. Kadang temen ada, uang dan waktu ga ada. Waktu udah ada, temen dan uangnya ga ada. Waktu dan uangnya udah ada, temennya yang engga ada. Ada aja yang kurang.

Awalnya gue ga menuliskan rencana travelling kemana pun dalam resolusi tahun 2015. Hingga semua itu berubah sejak kak susan dan kak adam dalam blognya pergidulu mengadakan kuis yang bertemakan “what’s your travel plan in 2015?”

Gue pun terpaksa harus memikirkan rencana travelling untuk bisa dituliskan. Sampai, gue teringat pada sebuah ide seorang teman tahun lalu. Dia bilang bahwa ada sebuah desa di Jawa Timur yang berada di atas awan, yang tahun lalu kami ingin kunjungi. Akan tetapi, rencana itu batal dilakukan karena satu dan lain hal.

Nah, gue pengen memasukkan tempat itu kembali pada rencana travelling di 2015. Sebenarnya kalo disuruh milih, ya gue lebih milih ke luar negeri, semisal menonton sepakbola di Liverpool atau berkeliling di sepanjang kanal Vanezia atau mungkin sekadar main karambol di bawah Menara Eiffel. 
Tapi buat seorang mahasiswa semester 1 yang masih merengek uang jajan sama orang tua, Jawa Timur menjadi destinasi yang lebih realistis.

Mungkin di Indonesia sendiri, desa ini tidak se-terkenal Pantai Kuta di Bali, Pulau Komodo di Nusa Tenggara atau Taman Laut Bunaken. Meskipun tempat ini tidak atau mungkin lebih tepatnya belum terkenal, bukan berarti desa di atas awan tidak menarik dikunjungi.  

Sebenarnya desa ini masih merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Terletak di Desa Argosari, Kecamatan Senduro sekitar 40 km dari Kota Lumajang. Desa ini lebih dikenal dengan B-29 Lumajang. Kalau lo pikir desa ini disebut B-29 karena memproduksi pesawat atau nuklir, jawabannya salah. Desa ini disebut B-29 karena letaknya yang berada 2.900 meter diatas permukaan air laut.

Penduduk sekitar sering menyebut desa ini sebagai Negeri di Atas Awan. Menurut info, akses jalannyanya agak susah karena harus melalui jalan terjal yang licin dan berliku sehingga masih jarang wisata umum yang mau mengunjungi tempat ini.

Perjalanan travelling ini mungkin bakal terjadi di pertengahan tahun saat liburan semester ganjil yang terbilang panjang. Dan tentunya akan tercapai kalo 3 faktor (uang, waktu, dan teman) ada di waktu yang bersamaan.

Alangkah lebih lengkap lagi jika perjalan nanti bisa mengabadikan momen dengan kamera Canon Powershot SX400 IS yang menjadi hadiah dari kuis ini. Dan katanya, kamera ini zoomnya bisa sampai 30x. wow! Mungkin, bidadari lagi mandi di awan bisa keliatan tuh :p

sumber foto

sumber foto




Previous
Next Post »
10 Komentar
avatar

plan 2015 pun terbentuk, semoga bisa pergi kesana dan dapat cameranya yaa

Balas
avatar

wah ternata begri diatas awan beneran ada, gue pikir uma ad di dongeng aja.

Balas
avatar

Ebuset. Itu kehidupan mereka pasti ga gampang deh. Karena seperti halnya seorang manusia yang harus hidup diatas puncak gunung. Untuk mencari airnya gimana? Emang ada jet pam diatas?. Harusnya lebih dijelasin tentang aktivitas warganya. Biar pembaca model kayak gue ga penasaran. Huehehe.

Balas
avatar

Keren. Baru denger soal Negeri di atas awan ini. Tapi bener juga. Kalo kita harus berpikiran realistis pas mau liburan. Semoga bisa ke sana yaaa :D

Trus, rencana liburan emang harus dilakukan sejak lama. Kenapa? Supaya kita siap. Kalo emang ujung-ujungnya ditunda, mending tulis di blognya aja. Siapa tau banyak yang nyemangatin supaya bisa cepet-cepet pergi kesana :D

Balas
avatar

kan di gunung banyak sumber mata air...

maap ya soalnya artikelnya dibatasin juga sih cuma 500 kata, kalo penasaran lanjut tanya mbah google aja ya hehe

Balas
avatar

kalo udah di TKP mungkin lebih indah lagi bro

Balas
avatar

iyasih bener harus dilakukan sejak lama. cuma kalo gajadi terealisasi, biasanya yang udah di rencanain sejak lama sakitnya lebih dalem bro

Balas