CLBK (Cerita Lama Banjir Kembali)




lagi-lagi ibukota dihampiri oleh bencana tahunan. bencana yang sudah akrab sejak dulu. sampai sekarang tidak ada yang tahu kapan mereka mulai kenalan, yang jelas jakarta dan bencana ini sudah akrab gitu aja. bencana apa itu ? yap, apalagi kalo bukan banjir

indonesia seharusnya kan terkenal dengan keindahan alam dan sumber daya hewani dan hayati yang melimpah tapi yang dikenal cuma banjirnya doang. dan ibukota indonesia, jakarta, paling langganan terkena banjir. padahal ibukota pastinya adalah pusat bisnis, kebudayaan, politik, pusat perhatian dan kedatangan para turis asing. kalo orang-orang asing disana ngeliat ibukota negaranya lumpuh, gimana kota yang lainnya?
itu tuh ibarat ada cewe cakep, contohnya aja nabilah JKT48 deh. dia cantik, manis, dan itunya gede (rejekinya) tapi doyannya gadoin autan. kan kita jadi ilfeel mau ngedeketinnya.

sudah kurang lebih 1 bulan mungkin,  mulai dari akhir 2013 sampe awal 2014 banjir ini mengisi artikel-artikel berita di koran dan menjadi topik berita utama di layar kaca ampe bosen gue dengernya. yang gue bingung banyak reporter yang nanya ke narasumbernya begini
"apakah bapak terganggu dengan banjir ini ?"
nenek-nenek buta yang lagi merem juga tau jawabannya apaan (ngapain juga ye udah buta merem)
gamungkin kan narasumbernya bilang. "engga kok, malah saya senang sekali bisa berenang gratis setiap hari" gamungkin kan ?

banjir ini salah-satunya disebabkan oleh curah hujan yang tinggi. seharusnya sih hujan yang turun terus-menerus ga jadi alasan penyebab banjir juga ya. setau gue doa itu ga tertolak pada 2 waktu. yang pertama ketika adzan berkumandang, yang kedua ketika hujan turun. apalagi kalo doanya hujan-hujan pas lagi adzan mungkin bakalan mungkin bakal lebih terkabulkan. Subhanallah (kerasukan setan apa gue bisa ngomong begini)

gara-gara musim ujan ini gue juga jadi tau sesuatu, gue sekarang tau kenapa kalo hujan-hujan paling enak makan bakso. ternyata makan bakso di tengah hujan itu, kuahnya ga abis-abis, bro!
gue sendiri ga punya masalah berarti dengan hujan. maksudnya ga ada masalah, jarang mengeluhkan kedatangannya. masalah gue sama hujan mungkin cuma dia selalu sukses menghambat kegiatan di luar yang udah gue rencanakan sebelumnya.

hujan selalu sukses menghambat kegiatan tapi tak pernah gagal melancarkan arus kenangan

kalo bukan hujan, gurbernurnya yang disalahin. setiap gurbernur yang menjabat sudah melakukan kemampuan mereka. belum bisa menghilangkan, namun sudah bisa mengurangi.

for your information, mungkin keliatannya gurbernur DKI Jakarta tahun lalu (tau kan siapa?) kerjaannya cuma nyisir kumis doang tapi di lain sisi yang mungkin lo gatau, dia udah merefungsi 27 SPBU menjadi ruang terbuka hijau (RTH). bang kumis pun dihadiahi penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI) atas keberhasilannya ini.

tepok tangan dulu dong! prok...prok....prok!!!

apalagi sekarang gurbernurnya udah paling bener lah. selalu turun ke lapangan langsung
tapi semua usaha pemerintah bakalan jadi percuma kalo ga didukung oleh warganya. buang sampah sembarangan ini yang susah untuk dihilangkan. buang sampah sembarangan inilah yang merupakan penyebab utama banjir. inget aja prinsip demokrasi Indonesia. dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. buang sampah dari orang jakarta, dilakukan oleh orang jakarta dan banjirnya untuk orang jakarta. jadi kesimpulannya hujan itu berkah, banjir itu ulah

buang sampah sembarangan bisa bikin banjir, termasuk buang pacar sembarangan juga bisa bikin banjir...banjir air mata 

banyak yang bilang banjir yang ada di Jakarta ini merupakan kiriman dari Bogor. makanya jangan gampang ngasih alamat rumah ke orang Bogor, jadi ga dikirimin ntar. untungnya rumah gue yang berada di pertengahan bogor dan jakarta sih ga pernah kebanjiran. sekalinya ada, paling banjir cinta dan kasih sayang doang #asadap

setiap bencana pasti ada hikmahnya, setiap kejadian pasti ada sisi positif dan sisi negatifnya. kalo banjir ini pasti lebih banyak sisi negatifnya, terutama bagi orang yang rumahnya terendam banjir. ga usah gue bahas lagi deh ya negatifnya, pasti udah pada tau lah kalo itu mah.

sekarang gue mau bahas sisi positifnya. siap ? oke. cekidot

kita tengok keuntungan yang pertama, gurbernur DKI Jakarta ga perlu lagi mengurusi dan menertibkan rumah yang ada di bantaran sungai. ntar juga hancur sendiri tuh rumah keseret arus banjir. hemat waktu dan hemat tenaga

kedua. ada keuntungan finansial untuk warga yang mau berusaha dalam memanfaatkan keadaan. jasa ojek gerobak menyebrang banjir. cuma mermodalkan gerobak dan tenaga ojek ini bisa mendapat sampai 600 ribu sehari. bayangin jika sebulan itu banjir berarti 600 ribu x 30 hari = 18.000.000. DELAPAN BELAS JUTA RUPIAH BROH! IYA DELAPA BELAS JUTA!

upah minium regional (UMR) di jakarta aja 2, 4 juta (kalo gasalah) berarti berarti hampir 6x lipatnya UMR jakarta. kalo beli kuaci bisa dapet satu truk tuh..
kalo udah ga banjir, tentu aja penghasilan akan berhenti. saran gue sih buat jasa ojek gerobak penyebrang banjir ini coba cari pekerjaan inovatif lainnya yang belum pernah ada. jasa ojek gerobak menyebrang selat misalnya.




"asik motor aye bisa terbang. update dulu ah~"




behind the scene adegan jack dan rose di film titanic




ketiga, buat orang yang mau pulang kerja tapi belum bisa pulang karena akses jalan ke rumah terhambat oleh banjir. sembari menunggu air surut, kan waktu menunggu bisa dimanfaatkan untuk baca Al-quran. 1 huruf dalam Al-quran dibalas oleh 10 kebaikan. baca 1 ayat aja udah banyak, lebih banyak 1 halaman, apalagi kalo bisa sampe 1 juz. lumayan sehari 1 juz. sebulan udah bisa khatam deh. Subhanallah! [ UJE = Ustad Jemmy : mode on ]

keempat, anak-anak jadi bisa mengisi waktu liburannya dengan berenang gratis. berenang di banjir rasa waterboom. ada yang sengaja bawa ban, liat aja noh di foto. hati-hati ya, dek. ntar pas nyelem, bangun-bangun ada motor lagi di pundaknya. syukur-syukur nanti pas pulang bisa dapet lele juga segerobak. tinggal kurang bebek-bebekan sama banana boat aja tuh biar jadi wisata banjir








yang kelima~ (nada opick-tombo ati) dapat rezeki mendadak. pemulung bisa panen barang-barang warga yang hanyut kebawa arus banjir. pas air banjir udah surut tiba-tiba di depan rumah pemulung ada tivi, kulkas 3 pintu, lemari, kipas angin. rezeki nomplok broh!

nah lumayan banyak juga kan keuntungannya.....

perhatiin deh, ada yang unik dari banjir di Indonesia ini. ada perbedaan antara banjir di Indonesia sama di luar negeri. di luar negeri walaupun jarang terjadi banjir tapi sesekali mah pernah juga. singapura contohnya, walaupun dia negara maja tetep aja kebanjiran.
lo tau ga perbedaan banjir di luar negeri sama di Indonesia ?

perbedaannya yaitu di luar negeri satuan ukur kedalaman banjir itu centimeter, meter atau inci. kalo di indonesia satuannya anggota badan contohnya paha, lutut, pinggang, betis, dengkul. coba aja nih liat kalo ga percaya














beneran sepaha ga tuh?coba sini aku liat dulu paha kamu




jangan tinggi-tinggi, ntar anunya keliatan lho

sekian dulu tulisan engga penting tentang banjir ini

satu pesan terakhir. selama ini pemerintah selalu berusaha mengatasi banjir.
banjir seharusnya jangan diatasi. kalo dia diatasi airnya malah semakin tinggi. seharusnya banjir itu dibawahi.

tertanda



Jemmy
selaku PBSI (Pengamat Banjir Seluruh Indonesia)


ilustrasi oleh : Faris Abulkhair



Previous
Next Post »
0 Komentar