Kenapa Harus Menulis?

ada yang tau ga tanggal 14 Februari itu hari apa ? pasti semua jawabannya bakalan hari valentine. coba inget-inget lagi masih ada peristiwa penting yang terjadi. yang mungkin hanya diketahui sama gue dan Tuhan aja.

tanggal 14 adalah kelahiran.....Blog ini! jadi  sudah genap berusia 365 hari. ga berasa ya, padahal baru kemaren 364 hari, sekarang udah 365 hari aja. 

ga ada yang tau kan ? (siapa juga yang mau tau). untuk mempermudah penyebutan gue sebut aja blog gue dengan anas ya (AnotherNameAnotherStory). tenang aja anas yang ini gabakal korupsi kok, punya tangan juga kaga

ulang tahun anas juga bersamaan dengan beberapa pesepokbola besar seperti, Angel Di Maria, Bacary Sagna, Edison Cavani, Keevin Keegen, Christian Eriksen dan mungkin masih banyak cuma gue gatau lagi. gue harap sih kalo udah gede anas bisa mengikuti jejak para pendahulunya juga sebagai pemain sepakbola. (ini ngomongin apaan si?)

kali ini gue mau flashback tentang mengapa anas bisa lahir kedunia ini yang baru gue singgung sedikit doang di postingan pertama, tak kenal maka kenalan.

awalnya gue bikin blog ini iseng-iseng dan mengeluarkan isi hati gue aja yang kebetulan waktu itu lagi ada luka di hati eaaa. tapi seiring berjalannya waktu, gue mikir, penting juga kayanya blog buat meninggalkan jejak pengalaman gue. seperti kata salah satu sastrawan Indonesia, Pramoedya Ananta Toer

 “Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah"
(Rumah Kaca, h. 352)” 

jadi mungkin intinya kalau kita udah ga ada dunia ini kita bakal di lupakan oleh masyarakat. kita bakal pergi tanpa meninggalkan jejak apapun. gue ga mau begitu dong. seenggaknya setelah gue udah ga ada di dunia ini, masih ada yang bisa diingat dari gue. tentunya dari tulisan-tulisan gue. walaupun tulisan gue ga penting dan bakal menjadi sampah.sampah yang membusuk pun nantinya masih dibutuhkan untuk makanan lalat dan bakteri

gue menulis juga biar bisa jadi pengingat apa yang pernah terjadi di masa lampau dan bisa dikenang di masa mendatang. mungkin kalo jaman dulu banyak orang juga yang suka nulis cuma nulisnya di buku harian. karena sekarang jaman udah modern dan makin canggih, maka lebih efektif dan efiien nulis di laptop. mau nulis hanya untuk tulisab sendiri dengan menyimpan di laptop atupun mempublikasikan kepada orang-orang di blog. nah sejak itu gue sering menuliskan pengalaman-pengalaman yang pernah terjadi dalam hidup gue dan dikemas dengan sedikit humor walaupun mungkin ga lucu-lucu amat.

apakah lo mau cerita dan kejadian menarik lo hanya diceritakan dari mulut ke mulut, lalu dikemudian hari hilang begitu saja terbawa angin ?

jadi, sudahkah lo mulai menulis hari ini ?

Menulis adalah suatu cara untuk bicara, suatu cara untuk berkata, suatu cara untuk menyapa—suatu cara untuk menyentuh seseorang yang lain entah di mana. Cara itulah yang bermacam-macam dan di sanalah harga kreativitas ditimbang-timbang.” 
― Seno Gumira Ajidarma, Ketika Jurnalisme Dibungkam Sastra Harus Bicara

kecintaan gue terhadap menulis semakin hari semakin mendalam. jauh hari sebelum menulis gue juga suka membaca. bukan baca buku pelajaran, tapi baca novel dan cerpen-cepen fiksi (yang ini jangan ditiru ya adek-adek). banyak juga temen-temen gue yang meledek "cieee jemmy baca novel", kadang gue bingung apa yang salah dengan cowok yang suka baca novel. emangnya novel buat cewek doang. ih sebel deh walaupun gitu eke kan cowok sejati boo

mungkin karena gue suka baca novel itu gue mulai merambah tulisan gue ke dunia cerpen. saat postingan ini ditulis ada sekitar 6 cerpen yang udah gue tulis. walaupun kualitas cerpennya masih amat standar dan biasa. tapi gue selalu belajar dan berusaha meningkatkannya

terima kasih untuk orang tua gue yang udah ngelahirin gue sehingga gue bisa melahirkan blog ini. terima kasih juga teman-teman yang udah pernah terlibat di blog ini, seperti Bintang Pamungkas, Harry, Ace, dan Abul. tinggal klik di namanya udah langsung terhubung ke twitter mereka. setelah terhubung ke twitter mereka silakan di report as spam atau di block yang udah follow silakan di unfollow aja ya

HaHaHa becanda deng silakan buat yang mau kenal lebih dekat dengan mereka bisa di klik aja itu. enak banget ye lo pada gue promosiin. you should pay for this

Bintang, Harry, Ace itu pernah gue libatkan dalam tulisan Naik Bajaj Extreme. walaupun ditulisan itu lebih banyak yang ngecengin tapi gue tau kok kalian ga bakal marah....paling cuma kesel doang (sama aja dong). untuk bintang karena dia sekarang lagi mengenyam ilmu di jurusan sastra Indonesia jadi gue mungkin bakal menanya atau meminta dia untuk jadi editor cerpen gue (berasa penulis terkenal aja gue)
untuk Abul, baru-baru ini gue minta bantuan dia buat bikin ilustrasi buat di tulisan gue. maklum aja gue sangat ga ahli dalam urusan menggambar. dari TK sampe SMA kalo disuruh gambar pemandangan pasti yang gue gambar selalu gunung 2 buah, di tengah-tengahnya ada matahari, trus bikin jalanan lurus, terakhir kasih sawah dah. selalu terulang begitu dan ga pernah berkembang. hadeh.
harus gue akui gambarnya abul itu emang bagus banget (hasil gambarnya berbanding terbalik dengan mukanya). mungkin kedepannya gue bakal minta bantuan dia lagi. beberapa contoh gambarnya



yang terakhir terima kasih kepada para silent reader alias pembaca diam-diam. pembaca-pembaca yang ga meninggalkan jejak apapun setelah membaca. tapi gue tetep senang kok selama setahun ini blog gue sudah dibaca oleh 3 ribuan orang. entah jumlah yang banyak atau tidak dalam ruang lingkup sebuah blog karena gue belom pernah membandingkan dengan blog-blog lain. tetep gue bangga kok bisa menarik 3 ribu lebih orang. kalian luar biasa! semoga meski tulisan ini ga jelas, kedepannya bisa menarik banyak orang lagi untuk membacanya. 

berhubung ga ada yang inget dan ga ada yang ngucapin, gue aja deh yang ngucapin sekali lagi. selamat tahun ulang ya blog! semoga kamu bisa jadi blog yang sholeh, sholatnya makin rajin dan jangan pernah membantah orang tua. jadilah blog yang bermanfaat bagi banyak orang dan semoga cita-citanya bisa terkabul.

makin ngelantur aja nih lama-lama, lebih baik diakhiri sebelum makin ngelantur

Disana gunung, disini gunung. ditengah-tengahnya pulau jawa...
penulis bingung, pembaca juga bingung, yang penting bisa ketawa....

sampe ketemu lagi di tulisan selanjutnya....

"Menulis selain perkara merangakai kata, juga membantu manusia menemukan jati dirinya. Melalui menulis pula, aku disadarkan untuk menyikapi keadaan dengan bijak, tanpa harus repot repot berdiri di depan gedung dewan, membawa spanduk, dan berteriak teriak kepanasan” 
― Hilal Ahmad

Previous
Next Post »
2 Komentar
avatar

semoga blog ini bisa tenar bersama dengan gambar-gambar saya yang ngga seberapa
nb: penulis matanya sipit, jadi muka saya ga keliatan jelas ama dia
hbd anas!

Balas
avatar

tuh dia ilegal ilustrator gua, yang mau lempar batu atau sekedar caci maki saya persilakan

Balas